Human Error: Definisi, Aspek Psikologis, Jenis-jenis

Ketika berbicara tentang kesalahan, seringkali kita menghubungkannya dengan ketidaksempurnaan manusia. Kesalahan merupakan bagian alami dari kehidupan manusia, dan tidak ada yang terkecuali dari melakukan kesalahan. Terlepas dari seberapa hati-hati atau cermat seseorang, kesalahan tetap dapat terjadi. Fenomena ini dikenal sebagai “human error” atau kesalahan manusia.

Human error telah menjadi fokus penelitian dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk psikologi, teknik, kedokteran, dan industri. Studi tentang human error bertujuan untuk memahami mengapa kesalahan terjadi, bagaimana mereka dapat dicegah, dan apa implikasi dari kesalahan tersebut terhadap berbagai aspek kehidupan kita.

Definisi Human Error

definisi human error

Kesalahan manusia dapat didefinisikan sebagai tindakan atau keputusan yang mengarah pada hasil yang diharapkan. Ini bisa berupa kesalahan fisik, seperti mengganti dua nomor saat mengetik, atau kesalahan kognitif, seperti membuat keputusan yang salah karena kurangnya informasi atau penilaian yang buruk.

Penting untuk diingat bahwa kesalahan manusia bukanlah tanda ketidakmampuan atau kegagalan. Manusia memiliki keterbatasan dan batasannya, dan meskipun kesalahan dapat menghasilkan konsekuensi yang tidak menyenangkan, mereka juga merupakan peluang untuk belajar dan meningkatkan diri.

Baca juga: Topologi Jaringan Komputer dan Keuntungannya

Aspek Psikologis dari Human Error

aspek psikologis human error

Kesalahan manusia sering kali dipelajari dari perspektif psikologis. Studi ini memeriksa faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesalahan, termasuk perhatian, ingatan, persepsi, kognisi, dan emosi.

Salah satu teori yang untuk menjelaskan kesalahan manusia adalah “Model Swiss Cheese” oleh James Reason. Model ini menggambarkan bahwa ada banyak lapisan pertahanan (layer) dalam sistem dan proses, seperti kebijakan, pelatihan, dan pengawasan. Setiap lapisan ini mirip dengan “keju Swiss” yang memiliki lubang-lubang. Kesalahan terjadi ketika lubang-lubang dalam berbagai lapisan itu berurutan dan terjadi kesalahan yang memungkinkan kegagalan sistem secara keseluruhan.

Berbagai Jenis Human Error

jenis human error

Ada berbagai jenis kesalahan manusia, dan mereka dapat terjadi di berbagai bidang dan aktivitas kehidupan. Berikut beberapa contoh:

Kesalahan Tindakan Fisik

Ini adalah kesalahan yang terjadi ketika seseorang melakukan tindakan fisik yang salah atau tidak sesuai prosedur. Misalnya, mengambil alat yang salah saat bekerja di dapur atau mengganti kabel yang salah saat menginstal perangkat elektronik.

Kesalahan Kognitif

Jenis kesalahan ini terjadi ketika seseorang membuat keputusan yang salah karena kurangnya informasi, penilaian yang buruk, atau gangguan kognitif lainnya. Misalnya, mengambil jalan pintas tanpa memperhatikan risiko yang terlibat.

Kesalahan Persepsi

Kesalahan persepsi terjadi ketika seseorang salah memahami atau menginterpretasikan situasi atau informasi. Ini dapat menyebabkan tindakan atau reaksi yang tidak tepat.

Kesalahan Berbasis Emosi

Emosi dapat mempengaruhi pengambilan keputusan seseorang. Kesalahan berbasis emosi terjadi ketika keputusan dibuat dalam keadaan emosional yang tidak stabil atau tidak tepat.

Kesalahan Berulang

Ini adalah jenis kesalahan yang terjadi berulang kali dan menunjukkan kurangnya pembelajaran dari kesalahan sebelumnya.

Dampak Human Error

Kesalahan manusia dapat memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk:

Keselamatan dan Keamanan

Kesalahan manusia dalam industri seperti penerbangan, transportasi, atau manufaktur dapat mengakibatkan kecelakaan serius yang mengancam keselamatan dan keamanan manusia.

Kualitas Produk dan Layanan

Kesalahan dalam proses produksi atau penyediaan layanan dapat mempengaruhi kualitas produk dan kepuasan pelanggan.

Kerugian Keuangan

Kesalahan dalam pengambilan keputusan bisnis dapat menyebabkan kerugian keuangan yang signifikan bagi perusahaan.

Reputasi dan Citra

Kesalahan publik oleh individu, perusahaan, atau lembaga dapat merusak reputasi dan citra mereka di mata masyarakat.

Kesehatan dan Kesejahteraan

Kesalahan dalam pemberian pengobatan atau perawatan medis dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan pasien.

Baca juga: Jenis Jaringan Komputer dan Contoh Penggunaannya

Mengurangi Human Error

mengurangi human error

Meskipun kesalahan manusia tidak dapat dihindari sepenuhnya, ada langkah-langkah untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan, antara lain:

Pelatihan dan Pendidikan

Memberikan pelatihan yang memadai dan pendidikan yang efektif kepada individu dalam berbagai bidang dapat membantu mereka memahami risiko dan mengembangkan keterampilan untuk menghindari kesalahan.

Perancangan Sistem

Merancang sistem dan proses dengan perhatian khusus pada faktor manusia dapat membantu mengurangi peluang terjadinya kesalahan. Ini termasuk perancangan antarmuka pengguna yang intuitif dan prosedur yang jelas.

Menerapkan Pengawasan

Memiliki sistem pengawasan yang efektif dapat membantu mendeteksi kesalahan sebelum mereka menyebabkan dampak yang lebih besar.

Menggunakan Teknologi

Teknologi seperti kecerdasan buatan dan otomasi dapat membantu mengurangi kesalahan manusia dalam beberapa situasi.

Menerapkan Rutinitas dan Pemeriksaan

Memiliki rutinitas dan pemeriksaan berkala untuk memastikan bahwa proses dan tindakan diikuti dengan benar dapat membantu mencegah kesalahan yang terjadi.

Kesimpulan

Kesalahan manusia adalah bagian alami dari kehidupan. Namun, dengan memahami faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko, kita dapat belajar dari kesalahan dan mencegah konsekuensi yang serius. Sikap terbuka dan saling hormat dalam memahami dan mengatasi kesalahan manusia akan membantu kita tumbuh dan menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi tantangan kehidupan. Penting bagi kita untuk terus meningkatkan pemahaman tentang human error dan berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung keberhasilan dan pertumbuhan, baik bagi individu maupun organisasi.

Apakah Anda sedang mencari karier yang sesuai dengan minat dan bakat Anda? reqrut.id adalah platform inovatif yang membantu Anda menemukan pekerjaan yang tepat untuk Anda. Dengan teknologi pencocokan pekerjaan yang canggih dan akurat, Reqrut.id akan menghubungkan Anda dengan perusahaan-perusahaan terkemuka yang mencari kualifikasi dan keterampilan yang Anda miliki. Tidak perlu lagi bersusah payah mencari pekerjaan yang cocok, karena Reqrut.id telah menyederhanakan proses pencarian pekerjaan untuk Anda. Bergabunglah dengan Reqrut.id sekarang dan mulai langkah awal menuju karier impian Anda!

Baca juga: Jurusan Digital Marketing: Menjelajahi Potensi Karir

Lutfiana Arianty