Jurusan DKV New Media: Info Kuliah & Prospek Kerja

Jurusan DKV New Media merupakan cabang dari jurusan Desain Komunikasi Visual yang fokus pada penggunaan media baru dalam proses desain. Media baru di sini mencakup segala bentuk media digital seperti website, aplikasi, animasi, dan interaksi pengguna. Jurusan ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa dalam mengintegrasikan teknologi dan kreativitas dalam menciptakan desain yang inovatif dan menarik. Salah satu perkembangan terbaru adalah munculnya jurusan DKV New Media. Jurusan ini menawarkan perspektif baru dalam dunia desain, mengintegrasikan elemen-elemen baru seperti media digital, animasi, dan interaksi pengguna.

Baca juga: Jurusan Manajemen Pelayanan Rumah Sakit: Info Kuliah & Prospek Kerjanya

Apa itu DKV New Media?

Apa itu Jurusan DKV New Media

Jurusan DKV New Media adalah salah satu cabang dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang memiliki fokus khusus pada penggunaan media baru dalam proses desain. Istilah “New Media” dalam konteks ini mengacu pada berbagai bentuk media digital yang meliputi website, aplikasi, animasi, dan interaksi pengguna. Jurusan ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa dalam mengintegrasikan teknologi dan kreativitas untuk menciptakan desain yang inovatif dan menarik.

Mata Kuliah Jurusan DKV New Media

Desain Interaksi

Mata kuliah ini menggali lebih dalam tentang desain interaktif yang mencakup perancangan antarmuka pengguna (UI) yang responsif dan ramah pengguna untuk aplikasi seluler, situs web, dan platform digital lainnya. Anda akan mempelajari konsep seperti wireframe, prototyping, dan pengujian pengalaman pengguna untuk menciptakan antarmuka yang efektif dan intuitif.

Desain Grafis Digital

Dalam mata kuliah ini, Anda akan memahami perbedaan antara desain grafis tradisional dan desain grafis digital. Anda akan belajar teknik-teknik desain untuk media digital, termasuk pembuatan grafik vektor, manipulasi gambar, dan pemahaman tentang format gambar yang sesuai dengan media online.

Animasi Digital

Ini adalah mata kuliah yang mendalam tentang teknik animasi digital. Anda akan mempelajari prinsip-prinsip animasi, seperti timing, spacing, dan posing, untuk menciptakan animasi yang menarik dan realistis. Mata kuliah ini mungkin mencakup penggunaan perangkat lunak animasi seperti Adobe After Effects atau 3D modeling software.

Desain Responsif

Dalam era perangkat seluler dan beragam perangkat lainnya, mata kuliah ini fokus pada pengembangan desain yang responsif. Anda akan belajar tentang CSS media queries dan teknik desain lainnya yang memungkinkan konten digital untuk menyesuaikan diri dengan berbagai perangkat, resolusi, dan orientasi layar.

Pengembangan Web

Mata kuliah ini melibatkan pengajaran bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Anda akan memahami cara membangun dan mengembangkan situs web interaktif serta penggunaan framework dan library yang relevan.

Desain Game Digital

Dalam mata kuliah ini, Anda akan memasuki dunia desain permainan digital. Ini mencakup konsep desain permainan, pembuatan karakter, pengembangan level, dan pengujian gameplay. Anda mungkin akan menggunakan perangkat lunak khusus untuk pembuatan game.

Desain Multimedia

Mata kuliah ini menggabungkan berbagai media dalam desain Anda, termasuk teks, gambar, audio, dan video. Anda akan mempelajari teknik penggabungan media yang efektif untuk menciptakan konten multimedia yang menarik.

Desain Pengalaman Virtual dan Augmented Reality (VR/AR)

Dalam era teknologi canggih, mata kuliah ini memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana menciptakan pengalaman virtual dan augmented reality yang mengesankan. Ini melibatkan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak khusus untuk menciptakan pengalaman VR/AR yang menarik.

Desain untuk Media Sosial

Mata kuliah ini akan membantu Anda memahami cara mendesain konten yang efektif untuk platform media sosial. Ini melibatkan strategi desain yang memikat perhatian audiens di platform seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Kreativitas Digital

Anda akan memahami cara menjaga aliran ide kreatif dalam konteks media digital. Ini melibatkan teknik brainstorming, konsep kreatif, dan pengembangan ide-ide inovatif untuk kampanye digital.

Produksi Video Digital

Mata kuliah ini mengajarkan teknik produksi video digital, termasuk pengambilan gambar, pengeditan, penyuntingan video, dan efek visual. Anda akan memahami proses pembuatan konten video yang menarik dan berdampak.

Desain E-commerce

Dalam dunia perdagangan elektronik, mata kuliah ini akan membahas cara mendesain pengalaman belanja online yang efektif. Anda akan mempelajari tata letak produk, navigasi, dan elemen-elemen desain penting dalam desain e-commerce.

Analisis Data Visual

Anda akan belajar cara memvisualisasikan data dalam bentuk grafis yang mudah dimengerti. Ini mencakup penggunaan alat visualisasi data seperti grafik, diagram, dan peta panas untuk membantu pengambilan keputusan berbasis data.

Etika dan Hukum Media Digital

Mata kuliah ini akan membahas isu-isu etika dan hukum yang relevan dalam media digital, termasuk hak cipta, privasi, dan regulasi yang berkaitan dengan konten online.

Proyek Kreatif dan Portofolio

Selama studi Anda, Anda akan berpartisipasi dalam proyek-proyek kreatif yang praktis dan mungkin magang di industri. Anda juga akan membangun portofolio yang mencerminkan keterampilan dan pencapaian Anda dalam desain komunikasi visual digital.

Keunggulan Jurusan DKV New Media

Relevansi Era Digital

DKV New Media adalah jurusan yang sangat relevan dengan era digital saat ini. Di dunia yang semakin terhubung dan digital, kemampuan untuk merancang konten yang menarik dan efektif dalam media online adalah keterampilan yang sangat dicari. Jurusan ini memungkinkan siswa untuk mengikuti perkembangan teknologi terkini dan memahami tren terbaru dalam desain digital.

Pengalaman Praktis yang Berharga

Salah satu keunggulan utama DKV New Media adalah fokus pada pengalaman praktis. Siswa akan terlibat dalam proyek-proyek dunia nyata yang mencakup desain situs web, aplikasi seluler, kampanye media sosial, dan banyak lagi. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan nyata yang diperlukan di dunia kerja.

Keterampilan Desain yang Luas

Siswa DKV New Media akan mempelajari berbagai aspek desain, termasuk desain grafis, desain antarmuka pengguna (UI), desain interaksi, animasi, dan desain multimedia. Mereka juga akan mendalami konsep-konsep desain seperti tipografi, komposisi visual, dan estetika desain.

Pengembangan Portofolio yang Kuat

Seiring berjalannya waktu, siswa akan membangun portofolio desain yang kuat yang mencerminkan beragam proyek yang telah mereka selesaikan selama studi mereka. Portofolio ini adalah alat penting untuk menarik perhatian calon majikan dan klien di masa depan.

Kreativitas Tanpa Batas

Media digital memberi siswa kebebasan untuk mengeksplorasi kreativitas mereka tanpa batasan fisik. Mereka dapat menciptakan desain yang dinamis, interaktif, dan inovatif. Kemampuan untuk berkreasi dalam dunia digital memberikan peluang eksplorasi yang tak terbatas.

Pemahaman Mendalam tentang Teknologi

Siswa DKV New Media akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang perangkat lunak desain, perangkat keras, dan teknologi terkini yang digunakan dalam industri. Ini mencakup perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Creative Suite, perangkat pengembangan web, dan alat-alat animasi.

Kemampuan Multidisipliner

Jurusan ini menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti desain grafis, animasi, pengembangan web, dan multimedia. Ini memberi siswa kemampuan multidimensi yang dibutuhkan di dunia kerja yang semakin kompleks dan beragam.

Pengaruh Global

Karya siswa DKV New Media memiliki potensi untuk mencapai audiens global. Ini memungkinkan mereka untuk berkontribusi dalam membentuk tren dan budaya dalam dunia digital yang bersifat global.

Peningkatan Karier yang Potensial

Karier di bidang desain komunikasi visual New Media seringkali menawarkan potensi pendapatan yang tinggi, terutama jika Anda memiliki keterampilan yang kuat dan portofolio yang mengesankan.

Kemampuan Adaptasi

Industri desain selalu berkembang, dan siswa DKV New Media dilatih untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Ini adalah keterampilan berharga dalam dunia yang terus berubah.

Pengalaman Kolaboratif

Sebagian besar proyek dalam desain digital melibatkan kolaborasi dengan tim yang beragam. Ini memberi siswa pengalaman berharga dalam bekerja sama dengan profesional dari berbagai latar belakang.

Menghadirkan Inovasi

DKV New Media memberi siswa kesempatan untuk berinovasi dalam dunia digital. Mereka dapat menggabungkan imajinasi dengan teknologi untuk menciptakan pengalaman yang memukau dan bermanfaat.

Kesempatan Kewirausahaan

Siswa DKV New Media juga memiliki kesempatan untuk memulai bisnis mereka sendiri dalam bidang desain digital, seperti agensi desain, periklanan online, atau produksi konten digital.

Keterampilan Mendalam dalam Desain Responsif

Di dunia yang semakin digerakkan oleh perangkat seluler, siswa DKV New Media akan mempelajari teknik desain responsif, yang memungkinkan konten untuk menyesuaikan diri dengan berbagai perangkat dan layar.

Pemahaman Etika dan Hukum

Siswa juga akan diajarkan etika dan hukum yang relevan dalam dunia media digital, termasuk hak cipta, privasi, dan regulasi yang berkaitan dengan konten online.

Peluang untuk Belajar Seumur Hidup

Karena industri desain komunikasi selalu berkembang, siswa DKV New Media akan terus belajar dan mengikuti tren baru sepanjang karier mereka.

Prospek Kerja Jurusan DKV New Media

Jurusan DKV New Media membuka berbagai peluang karir menarik bagi para lulusannya. Beberapa di antaranya termasuk:

Desainer Grafis Digital

Sebagai desainer grafis digital, lulusan DKV New Media akan terlibat dalam menciptakan berbagai elemen grafis untuk keperluan digital, termasuk desain logo, ilustrasi, banner iklan, dan konten visual lainnya. Mereka dapat bekerja di berbagai industri seperti periklanan, media, teknologi, atau sebagai freelancer.

Desainer Antarmuka Pengguna (UI/UX)

Peran desainer UI/UX sangat penting dalam pengembangan situs web, aplikasi seluler, dan perangkat lunak. Mereka merancang antarmuka yang ramah pengguna (UI) dan mengoptimalkan pengalaman pengguna (UX) untuk memastikan navigasi yang lancar dan interaksi yang intuitif.

Animator Digital

Lulusan DKV New Media dengan keahlian dalam animasi digital dapat bekerja sebagai animator, menciptakan animasi untuk film, iklan, permainan, efek khusus, dan banyak lagi. Mereka akan menggunakan perangkat lunak animasi seperti Adobe After Effects atau Blender.

Pengembang Web Front-End

Pengembang web front-end bertanggung jawab untuk menerjemahkan desain grafis menjadi kode HTML, CSS, dan JavaScript yang membentuk tampilan situs web. Mereka memastikan bahwa situs web berfungsi dengan baik dan responsif di berbagai perangkat.

Spesialis Media Sosial

Dalam dunia yang semakin terhubung melalui media sosial, lulusan DKV New Media dapat menjadi spesialis media sosial. Mereka akan merencanakan, merancang, dan mengelola konten untuk platform media sosial, membangun brand awareness, dan berinteraksi dengan audiens.

Editor Multimedia

Editor multimedia bekerja dalam produksi video dan audio. Mereka mengedit, montase, dan menghasilkan konten multimedia seperti video klip, podcast, animasi, dan materi promosi. Keterampilan dalam pengeditan video dan audio sangat diperlukan.

Desainer Konten Digital

Lulusan DKV New Media dapat menciptakan berbagai jenis konten digital seperti infografik interaktif, e-book, video tutorial, dan konten pendidikan online. Mereka akan berkontribusi dalam menyajikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti.

Desainer Permainan (Game Designer)

Bagi yang tertarik dalam industri game, lulusan ini dapat bekerja sebagai desainer permainan. Mereka merancang elemen-elemen grafis, antarmuka, karakter, dan dunia dalam permainan komputer dan perangkat seluler.

Pengelola Proyek Digital

Manajemen proyek digital adalah peran yang penting dalam mengoordinasikan tim kreatif, mengawasi jadwal, anggaran, dan menyusun strategi pemasaran digital. Lulusan DKV New Media yang memiliki keterampilan manajemen dapat sukses dalam peran ini.

Pengajar atau Pelatih

Bagi yang memiliki minat dalam pendidikan, lulusan ini dapat menjadi pengajar atau pelatih di institusi pendidikan atau melalui kursus online. Mereka dapat berbagi pengetahuan dan keterampilan mereka dengan generasi mendatang.

Desainer Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Dengan berkembangnya teknologi AR dan VR, lulusan DKV New Media dapat berkontribusi dalam menciptakan konten yang menghadirkan pengalaman yang diperluas dan virtual yang menarik.

Kurator Media Digital

Kurator media digital memilih, mengatur, dan mengelola konten digital seperti galeri seni online, situs berita, atau platform hiburan. Mereka akan memilih konten yang relevan dan menarik untuk audiens online.

Wirausaha Digital

Beberapa lulusan DKV New Media mungkin memutuskan untuk memulai bisnis mereka sendiri di bidang desain digital, periklanan online, produksi video, atau agensi kreatif lainnya.

Konsultan Desain

Lulusan yang berpengalaman dapat bekerja sebagai konsultan desain, membantu perusahaan-perusahaan meningkatkan tampilan dan strategi digital mereka untuk mencapai tujuan bisnis.

Pengembang Aplikasi Seluler

Mereka yang memiliki minat dalam pengembangan aplikasi seluler dapat menjadi pengembang aplikasi, merancang dan mengembangkan aplikasi yang menarik dan bermanfaat untuk pengguna perangkat seluler.

Peneliti Pengalaman Pengguna (UX Researcher)

Lulusan ini dapat menjadi peneliti pengalaman pengguna, mengumpulkan data dan wawasan untuk membantu perusahaan meningkatkan produk dan layanan mereka berdasarkan umpan balik pengguna

Universitas dengan Jurusan DKV New Media

BINUS Universitas

Jurusan DKV New Media di BINUS University adalah salah satu program yang paling berorientasi pada teknologi di antara jurusan DKV lainnya. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana teknologi digital memengaruhi dunia desain komunikasi visual dan komunikasi pemasaran. Mahasiswa dibekali dengan keterampilan yang diperlukan untuk beroperasi di lingkungan digital yang cepat berubah dan beragam, termasuk desain web, media sosial, animasi, dan teknologi terbaru lainnya.

Untuk saat ini, informasi yang dapat kami rangkum seputar Universitas di Indonesia yang menyediakan Jurusan DKV New Media masih sedikit. Tunggu update dari kami berikutnya, atau Anda bisa memberikan beberapa informasi seputar Universitas atau kampus mana yang menyediakan jurusan ini, maka Anda bisa menghubungi kami melalui DM Instagram kami di @reqrut.official.

Kesimpulan

Jurusan DKV New Media membuka pintu bagi para kreatif muda untuk menggali potensi desain dalam era digital. Dengan mengintegrasikan teknologi terkini, mahasiswa DKV New Media siap untuk menjadi inovator dalam industri desain. Fleksibilitas karir yang tinggi membuat lulusan memiliki berbagai pilihan untuk mengembangkan bakat dan passion mereka dalam dunia desain. Jika Anda adalah seseorang yang antusias terhadap desain dan teknologi, DKV New Media bisa menjadi pilihan pendidikan yang sangat menarik bagi Anda.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan berharga Anda di Reqrut.id! Di platform ini, Anda tidak hanya bisa menemukan peluang pekerjaan, tapi juga mendapatkan panduan berharga untuk mengembangkan karier Anda, bahkan mengunduh Template CV ATS Gratis. Jadi, tidak perlu menunggu lebih lama lagi, segera kunjungi Reqrut.id sekarang!

Baca juga: Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan: Info Kuliah dan Prospek Kerjanya